Sabtu, 08 Desember 2012

RASA NYAMAN MENENTUKAN KEBERANIAN ANAK DI DEPAN UMUM



Orangtua mana yang tidak terharu melihat putra-putrinya beraksi

Sebagai tenaga Pendidik pada sebuah TK, saya sangat mementingkan komunikasi dengan orangtua/wali anak didik saya.  Saya percaya komunikasi yang terbangun dengan baik antara guru dan orang tua murid  akan menciptakan kondisi yang memudahkan kedua belah pihak dalam memantau perkembangan anak-anak.

Curhat para orang tua umumnya masalah keberanian anak tampil di depan umum. Saya sering mengingatkan para orang tua untuk membangun rasa nyaman dalam diri anak karena  perasaan nyaman dalam diri anak sangat menetukan keberaniannya mengaktualisasikan diri di depan umum.
Selamat ulang tahun, kawan


Pernah satu ketika, saya tengah mengatur anak-anak berbaris di muka kelas untuk berlatih gerak dan lagu. Salah satu ibu protes dan minta anaknya di letakkan pada baris depan. Saya mempersilakan si anak untuk ke depan. Tapi apa yang terjadi? Si anak menangis meraung-raung. Si ibu menjadi malu dan merasa jengkel.

Membangun  rasa nyaman dalam diri anak tidak terjadi secara ajaib, semudah membalikan telapak tangan. Ada proses yang panjang dimana peran orang tua atau orang-orang di sekeliling anak sangat menentukan.  Yang saya lakukan adalah membiarkan anak memilih posisi yang nyaman buat dirinya. Pada awalnya anak-anak pemalu akan berdiri di belakang. Saya membiarkannya. Tapi itu hanya akan terjadi 1-2 kali, selanjutnya ketika si anak menguasai dengan baik gerakan dan lagu yang diajarkan, dengan sendirinya si anak berdiri di baris depan. Saya percaya hal itu terjadi karena si anak sudah merasa nyaman dengan gerakan yang dikuasainya.

Jangan larang anak bergaya, selama itu tidak membahayakan

Kadang orang tua tidak percaya kalau anaknya mampu tampil di muka umum karena kalau di rumah biasanya sembunyi dibelakang rok ibu. Salah satu yang sering saya lakukan adalah mengirimkan foto anak didik saya ketika mengikuti berbagai aktifitas.  Sejak ada Indosat SuperWifi pengiriman gambar menjadi cepat, hingga  para orang tua langsung bisa melihat gambar anaknya hanya sesaat setelah si anak manggung. Respon orangtua murid sangat baik karena mereka dapat menikmati moment indah anak-anaknya. Dan apa yang di lihat merupakan bukti kemampuan anaknya. Ini memudahkan saya mendapat kepercayaan dari para orang tua  murid. Sehingga para orang tua murid juga mendukung program-program yang diajukan pihak sekolah.

1 komentar: